Pendekatan Pembelajaran PYP atau yang biasa dikenal dengan Keterampilan adalah seperangkat keterampilan transdisipliner yang berharga untuk semua pembelajaran mereka di dalam kelas dan dalam kehidupan di luar sekolah. Keterampilan ini merupakan alat yang dapat digunakan oleh siswa di semua bidang studi untuk menjadi pelajar yang sukses. Kesempatan diberikan kepada siswa untuk berlatih menggunakan keterampilan ini dan merefleksikan bagaimana mereka menerapkannya dalam pembelajaran mereka. Kita dapat mendukung penggunaan keterampilan ini di luar sekolah dengan merujuknya dengan anak-anak Anda dan masyarakat. Semakin banyak kesempatan yang terarah dan terpandu untuk menggunakannya, maka kita akan semakin terampil menggunakannya.

 Thinking

Acquisition of Knowledge

Memperoleh fakta, ide, kosakata tertentu; mengingat dalam bentuk yang sama

Comprehension

Memahami makna dari materi yang dipelajari; mengkomunikasikan dan menginterpretasikan pembelajaran

Analysis

Memisahkan pengetahuan atau ide; memisahkan ke dalam bagian-bagian komponen; melihat hubungan; menemukan karakteristik yang unik.

Synthesis

Menggabungkan bagian-bagian untuk menciptakan keutuhan; menciptakan, merancang, mengembangkan, dan berinovasi

Evaluation

Membuat penilaian atau keputusan berdasarkan kriteria yang dipilih; standar dan ketentuan

Dialectical Thought

Memikirkan dan memahami dua atau lebih sudut pandang yang berbeda pada saat yang bersamaan

Metacognition

Menganalisis proses berpikir sendiri dan orang lain; berpikir tentang bagaimana seseorang berpikir dan belajar.

  Social

Accepting Responsibility

Mengambil dan menyelesaikan tugas dengan cara yang tepat; bersedia memikul sebagian tanggung jawab

Respecting Others

Mendengarkan orang lain secara peka; membuat keputusan berdasarkan keadilan dan kesetaraan; mengakui bahwa keyakinan, sudut pandang, agama, dan gagasan orang lain mungkin berbeda dan menyatakan pendapat sendiri tanpa menyakiti orang lain

Cooperation

Bekerja sama dalam kelompok; bersikap sopan kepada orang lain, berbagi materi; bergiliran

Resolving Conflict

Mendengarkan orang lain dengan saksama; berkompromi; bersikap adil

Group Decision-Making

Mendengarkan orang lain; mendiskusikan ide; mengajukan pertanyaan; bekerja untuk mencapai consensus

Adopting a Variety of Group Roles

Memahami perilaku apa yang sesuai dalam situasi tertentu dan bertindak sesuai dengan itu

Communication

Listening

Mendengarkan arahan; mendengarkan orang lain; mendengarkan informasi

Speaking

Berbicara dengan jelas, mengekspresikan ide dengan jelas dan logis

Reading

Membaca berbagai sumber untuk mendapatkan informasi dan kesenangan; dan memahami apa yang telah dibaca

Writing

Mencatat informasi dan pengamatan; membuat catatan dan parafrase; membuat jurnal atau catatan

Viewing

Menafsirkan dan menganalisis visual dan multimedia; memahami bagaimana mereka menyampaikan ide, nilai, dan keyakinan; membuat pilihan berdasarkan informasi tentang pengalaman menonton pribadi

Presenting

Mengkonstruksi visual dan multimedia untuk berbagai tujuan dan audiens

Non-Verbal Communication

Mengenali makna komunikasi visual dan kinestetik

Self-Management

Gross Motor Skills

Memperlihatkan keterampilan yang menggunakan kelompok otot-otot besar

Fine Motor Skills

Menunjukkan keterampilan yang membutuhkan ketepatan dalam sistem otot keci

Spatial Awareness

Menunjukkan kepekaan terhadap posisi objek dalam kaitannya dengan diri sendiri atau satu sama lain

Organization

Merencanakan dan melaksanakan kegiatan secara efektif

Time Management

Menggunakan waktu secara efektif dan tepat

Safety

Terlibat dalam perilaku pribadi yang menghindari menempatkan diri sendiri atau orang lain dalam bahaya atau risiko.

Healthy Lifestyle

Membuat pilihan yang tepat untuk mencapai keseimbangan nutrisi, istirahat, relaksasi, kesehatan, dan olahraga

Codes of Behavior

Mengetahui dan menerapkan aturan dan prosedur yang sesuai untuk kelompok orang

Informed Choices

Memilih tindakan atau perilaku yang tepat berdasarkan fakta atau opini

Research

Formulating Questions

Mengidentifikasi apa yang ingin diketahui dan mengajukan pertanyaan yang menarik dan relevan

Observing

Menggunakan semua indra untuk memperhatikan detail yang relevan

Planning

Mengembangkan rencana tindakan dan merancang cara-cara untuk menemukan informasi yang diperlukan

Collecting Data

Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tangan pertama dan kedua

Recording Data

Mendeskripsikan dan mencatat informasi dengan berbagai cara

Organizing Data

Memilah dan mengelompokkan informasi dan mengaturnya dalam bentuk yang mudah dipahami

Interpreting Data

Menarik kesimpulan dari hubungan dan pola yang muncul dari data

Presenting Research Findings

Mengkomunikasikan apa yang telah dipelajari; memilih media yang sesuai.