Pendekatan Pembelajaran PYP atau yang biasa dikenal dengan Keterampilan adalah seperangkat keterampilan transdisipliner yang berharga untuk semua pembelajaran mereka di dalam kelas dan dalam kehidupan di luar sekolah. Keterampilan ini merupakan alat yang dapat digunakan oleh siswa di semua bidang studi untuk menjadi pelajar yang sukses. Kesempatan diberikan kepada siswa untuk berlatih menggunakan keterampilan ini dan merefleksikan bagaimana mereka menerapkannya dalam pembelajaran mereka. Kita dapat mendukung penggunaan keterampilan ini di luar sekolah dengan merujuknya dengan anak-anak Anda dan masyarakat. Semakin banyak kesempatan yang terarah dan terpandu untuk menggunakannya, maka kita akan semakin terampil menggunakannya.
Thinking
Acquisition of Knowledge
Memperoleh fakta, ide, kosakata tertentu; mengingat dalam bentuk yang sama
Comprehension
Memahami makna dari materi yang dipelajari; mengkomunikasikan dan menginterpretasikan pembelajaran
Analysis
Memisahkan pengetahuan atau ide; memisahkan ke dalam bagian-bagian komponen; melihat hubungan; menemukan karakteristik yang unik.
Synthesis
Menggabungkan bagian-bagian untuk menciptakan keutuhan; menciptakan, merancang, mengembangkan, dan berinovasi
Evaluation
Membuat penilaian atau keputusan berdasarkan kriteria yang dipilih; standar dan ketentuan
Dialectical Thought
Memikirkan dan memahami dua atau lebih sudut pandang yang berbeda pada saat yang bersamaan
Metacognition
Menganalisis proses berpikir sendiri dan orang lain; berpikir tentang bagaimana seseorang berpikir dan belajar.
Social
Accepting Responsibility
Mengambil dan menyelesaikan tugas dengan cara yang tepat; bersedia memikul sebagian tanggung jawab
Respecting Others
Mendengarkan orang lain secara peka; membuat keputusan berdasarkan keadilan dan kesetaraan; mengakui bahwa keyakinan, sudut pandang, agama, dan gagasan orang lain mungkin berbeda dan menyatakan pendapat sendiri tanpa menyakiti orang lain
Cooperation
Bekerja sama dalam kelompok; bersikap sopan kepada orang lain, berbagi materi; bergiliran
Resolving Conflict
Mendengarkan orang lain dengan saksama; berkompromi; bersikap adil
Group Decision-Making
Mendengarkan orang lain; mendiskusikan ide; mengajukan pertanyaan; bekerja untuk mencapai consensus
Adopting a Variety of Group Roles
Memahami perilaku apa yang sesuai dalam situasi tertentu dan bertindak sesuai dengan itu
Communication
Listening
Mendengarkan arahan; mendengarkan orang lain; mendengarkan informasi
Speaking
Berbicara dengan jelas, mengekspresikan ide dengan jelas dan logis
Reading
Membaca berbagai sumber untuk mendapatkan informasi dan kesenangan; dan memahami apa yang telah dibaca
Writing
Mencatat informasi dan pengamatan; membuat catatan dan parafrase; membuat jurnal atau catatan
Viewing
Menafsirkan dan menganalisis visual dan multimedia; memahami bagaimana mereka menyampaikan ide, nilai, dan keyakinan; membuat pilihan berdasarkan informasi tentang pengalaman menonton pribadi
Presenting
Mengkonstruksi visual dan multimedia untuk berbagai tujuan dan audiens
Non-Verbal Communication
Mengenali makna komunikasi visual dan kinestetik
Self-Management
Gross Motor Skills
Memperlihatkan keterampilan yang menggunakan kelompok otot-otot besar
Fine Motor Skills
Menunjukkan keterampilan yang membutuhkan ketepatan dalam sistem otot keci
Spatial Awareness
Menunjukkan kepekaan terhadap posisi objek dalam kaitannya dengan diri sendiri atau satu sama lain
Organization
Merencanakan dan melaksanakan kegiatan secara efektif
Time Management
Menggunakan waktu secara efektif dan tepat
Safety
Terlibat dalam perilaku pribadi yang menghindari menempatkan diri sendiri atau orang lain dalam bahaya atau risiko.
Healthy Lifestyle
Membuat pilihan yang tepat untuk mencapai keseimbangan nutrisi, istirahat, relaksasi, kesehatan, dan olahraga
Codes of Behavior
Mengetahui dan menerapkan aturan dan prosedur yang sesuai untuk kelompok orang
Informed Choices
Memilih tindakan atau perilaku yang tepat berdasarkan fakta atau opini
Research
Formulating Questions
Mengidentifikasi apa yang ingin diketahui dan mengajukan pertanyaan yang menarik dan relevan
Observing
Menggunakan semua indra untuk memperhatikan detail yang relevan
Planning
Mengembangkan rencana tindakan dan merancang cara-cara untuk menemukan informasi yang diperlukan
Collecting Data
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tangan pertama dan kedua
Recording Data
Mendeskripsikan dan mencatat informasi dengan berbagai cara
Organizing Data
Memilah dan mengelompokkan informasi dan mengaturnya dalam bentuk yang mudah dipahami
Interpreting Data
Menarik kesimpulan dari hubungan dan pola yang muncul dari data
Presenting Research Findings
Mengkomunikasikan apa yang telah dipelajari; memilih media yang sesuai.