Sekolah Dasar Tunas Unggul adalah sekolah nasional yang terintegrasi dengan International Baccalaureate Organization (IBO). Sejak tahun 2021, SD Tunas Unggul menjadi sekolah kandidat untuk International Baccalaureate (IB) Primary Years Programme (PYP) dan sedang mengejar otorisasi sebagai IB World School. PYP adalah kerangka kerja kurikulum yang dirancang untuk siswa berusia 3 hingga 12 tahun.
Kerangka kerja transdisipliner PYP berfokus pada pengembangan seluruh anak sebagai seorang penanya, baik di sekolah maupun di luar sekolah. PYP telah dikembangkan melalui penelitian selama puluhan tahun tentang bagaimana siswa belajar, bagaimana pendidik mengajar, dan prinsip-prinsip serta praktik penilaian yang efektif, program ini memberikan penekanan yang kuat pada pembelajaran berbasis inkuiri.
Melalui PYP, SD Tunas Unggul mengembangkan kesejahteraan akademis, sosial, dan emosional siswa, dengan fokus pada pemikiran internasional dan nilai-nilai pribadi yang kuat. PYP memupuk keterampilan belajar mandiri, mendorong setiap siswa untuk bertanggung jawab atas pembelajaran mereka. Program ini menggabungkan isu-isu lokal dan global ke dalam kurikulum, meminta siswa untuk melihat enam tema transdisipliner yang saling terkait dan mempertimbangkan hubungan di antara mereka. Tema-tema tersebut meliputi ‘siapa kita’, ‘di mana kita berada di tempat dan waktu’, ‘berbagi planet ini’, ‘bagaimana kita mengekspresikan diri kita’, ‘bagaimana kita mengatur diri kita sendiri’, dan ‘bagaimana dunia bekerja’. (www.ibo.org)
Essential Elements of PYP
The PYP Exhibition
Di tahun terakhir program, yang di SD Tunas Unggul adalah Kelas 6, siswa diharapkan untuk berpartisipasi dalam proyek kulminasi, Exhibition PYP. Hal ini dirancang untuk menunjukkan kompetensi mereka di semua bidang program. Siswa terlibat dalam proses penyelidikan transdisipliner kolaboratif yang melibatkan identifikasi, investigasi, dan menawarkan solusi untuk masalah atau masalah kehidupan nyata.
Sebagai salah satu dari banyak kegiatan ‘frontloading’, para guru Kelas 6 mengatur tur studi. Tur Studi Kelas 6 dirancang dan diatur untuk mempelajari topik Exhibition. Tur studi ini juga dirancang untuk memperkuat keterampilan sosial siswa dan mengembangkan lebih lanjut kemampuan mereka untuk bekerja sebagai anggota tim yang efektif. Untuk menyebarkan kesadaran akan Exhibition ke seluruh komunitas sekolah, Tim Kelas 6 (guru) mengadakan tiga lokakarya Exhibition yang terpisah; untuk orang tua Kelas 6, staf Sekolah Dasar, dan mentor Exhibition.
Lokakarya ini menyoroti proses, harapan, dan beberapa kegiatan siswa, serta memberikan pengalaman praktis dan pemahaman bagi semua yang terlibat mengenai perjalanan Pameran. Para guru didorong untuk meluangkan waktu mereka secara sukarela untuk membimbing kelompok-kelompok individu. Semua guru spesialis berintegrasi dengan unit ini dan bekerja sama dengan guru Kelas 6. Semua karya siswa yang dihasilkan di kelas spesialis akan ditampilkan pada hari-hari Exhibition PYP.