Teaching Well with SEL
Oleh: Ellisa Mustikasari, S.Sos
Social Emotional learning adalah Pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah yang memungkinkan siswa dan guru di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan, dansikap positif mengenai aspek sosial dan emosional. Tentunya SEL menjadi bagian penting bagi siswa dan guru untuk memperoleh pembelajaran bermakna serta tercapainya tujuan pembelajaran.
Sebagai sekolah yang bertujuan membangun siswa unggul, maka SEL selalu diterapkan dalam pembelajaran di sekolah, diantaranya:
- Melakukan pembukaan kelas yang hangat (menyapa, menanyakan kabar, menanyakan perasaan, ice breaking, dan membangun kelekatan)
- Student center, banyak melakukan diskusi, sharing ide dan pendapat, presentasi, tugas berbasis projek, pembelajaran berdiferensiasi, dan refleksi.
- Melakukan penutupan yang optimis, guru mengapresiasi seluruh siswa atas pencapaiannya serta menentukan tujuan pertemuan berikutnya
Aspek sosial emosial merupakan bagian penting dalam pembelajaran, karena hasil penelitian menyatakan bahwa:
- Murid yang berkembang secara sosial dan emosional, pada saat yang sama mereka pun berkembang secara akademik.
- Murid yang berkembang secara sosial dan emosional, akan memiliki:
- kesadaran diri, mampu mengelola emosi diri.
- manajemen diri, mampu merencanakan dan mencapai tujuan positif.
- kesadaran sosial, menunjukkan rasa empati pada orang lain.
- keterampilan berelasi, mampu membangun dan mempertahankan hubungan positif.
- mampu membuat keputusan yang bertanggung jawab.
Tinggalkan Balasan