A Look at Inquiry in the PYP
Slamet Suwanto, M.Pd., PYP Coordinator
Inquiry merupakan sebuah pendekatan mengajar yang diterapkan di semua level pendidikan IB mulai dari PYP (Primary Years Programme) setingkat TK-SD, MYP (Middle Years Programme) setingkat SLTP, and DP (Diploma Programme) setingkat SLTA. SD Tunas Unggul, sebagai kandidat sekolah IB PYP, berusaha untuk mengimplementasikan pendekatan Inquiri atau Inquiry Approach dalam pembelajaran di kelas. Guru akan memberikan pengalaman belajar kepada siswa melalui beberapa tahapan yang bermakna. Proses inquiri yang dilakukan mengikuti tahapan inquiri yang diperkenalkan oleh Kath Murdoch yaitu tune in, find out, sort out, go further, reflect, act.
Proses inquiri ini akan memungkinkan siswa untuk bisa mendapatkan pengetahuan bermakna yang mendukung pemahaman konseptual siswa, pembentukan karakter, serta melatih siswa untuk mendapatkan keterampilan yang diharapkan (Research Skills, Social Skills, Thinking Skills, Communication Skills, Self-Management Skills).
Kegiatan pembelajaran menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berpikir itu sendiri biasanya dilakukan melalui tanya jawab antara guru dan siswa. Secara umum proses pembelajaran akan dimulai dengan orientasi agar siswa lebih siap mengikuti pembelajaran. Kemudian guru dan siswa akan merumuskan masalah yang menantang siswa untuk berfikir kritis agar menemukan jawaban yang tepat. Biasanya siswa akan memberikan jawaban sementara dan dengan mengumpulkan data serta informasi, siswa akan menganalisis data dan informasi yang ada untuk mendapatkan kesimpulan melalui berbagai eksperimen yang mereka lakukan.
Bagaimana Kita Bisa Mendukung Proses Inquiri Anak?
Menghabiskan waktu bersama anak dengan berbagai aktivitas di rumah maupun diluar rumah untuk menjawab pertanyaan yang muncul dari anak maupun permasalahan yang mengemuka dalam kehidupan di rumah adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menikmati belajar dengan inquiri. Sekali-kali ajak anak untuk menikmati alam bebas dengan camping atau hiking mungkin akan membantu anak dalam proses inquiri di awal dengan menemukan masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar. Kembangkan pola berfikir anak yang mendorong mereka merumuskan masalah, menganalisis dan menyimpulkan permasalahan dan solusi yang ada. Tunjukkan kepada anak bahwa kita tidak tahu semua jawaban dari segala permasalahan yang ada. Secara bersama-sama orang tua dan anak menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu secara bersama-sama. Dan ini yang membuat inquiri menjadi hal yang menarik dan menyenangkan bagi anak maupun orang tua.
Tujuan utama pembelajaran melalui pendekatan inquiri adalah membantu siswa untuk dapat mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan berpikir dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan dan mendapatkan jawaban atas dasar rasa ingin tahu mereka. Berikut ini ada beberapa website yang bisa diakses untuk memulai inquiri:
Demikian ulasan tentang Inquiry in the PYP SD Tunas Unggul. Semoga bermanfaat, happy Inquiry!
Leave a Reply