Teacher’s Masterpieces Oleh: Ani Sopiani, S.Pd. Tidak terasa tahun ini kita memasuki tahun kedua pembelajaran selama pandemi. Hal ini tentu saja tidak mudah, disepanjang perjalanan banyak rintangan yang harus dilalui, […]

Teacher’s Masterpieces

Oleh: Ani Sopiani, S.Pd.

Tidak terasa tahun ini kita memasuki tahun kedua pembelajaran selama pandemi. Hal ini tentu saja tidak mudah, disepanjang perjalanan banyak rintangan yang harus dilalui, suka maupun duka. Namun, itu semua tidak menjadikan kita untuk berhenti berkarya.

Sebagai guru pembelajar yang selalu belajar dan berkarya, guru-guru SD Tunas Unggul di tahun ajaran 2021/2022 ini membuat sebuah buku yang kami beri nama “Theme Book“. Buku tersebut dipersembahkan khusus untuk anak-anak SD Tunas Unggul dalam rangka membersamai mereka saat pembelajaran selama daring. Buku ini adalah karya kedua setelah sebelumnya di tahun 2019/2020 SD Tunas Unggul mengeluarkan buku tema khas Tunas Unggul. Buku ini disusun kembali dengan berlandaskan pada kurikulum yang digunakan di sekolah yaitu kurikulum IB (candidacy) dan kurikulum nasional juga mempertimbangkan saran dan masukan dari ayah bunda selaku partner dalam memberikan pendidikan terbaik untuk para siswa.

Sudah menjadi hal penting, bahwa di awal tahun, setiap guru mempunyai tugas dan kewajiban untuk membuat perencanaan. Salah satunya menyiapkan media pembelajaran berupa buku panduan siswa selama mengikuti pembelajaran secara daring. Menyiapkan hal itu tidaklah mudah, guru perlu banyak belajar dan memiliki banyak referensi. Bagaimana sebuah materi dan assessment didesain dengan menarik, dan  memunculkan inquiry siswa. Tak hanya itu daya nalar dan kritis siswa pun dimunculkan melalui kemampuan dasar literasi dan numerasi sehingga siswa siap menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari- hari. 

Tak ada gading yang tak retak, tentu saja dalam penyusunannya tidaklah sempurna, pastinya masih banyak yang harus diperbaiki, sehingga saran dari berbagai pihak masih sangat kami perlukan. 

Kami guru-guru SD Tunas Unggul siap untuk terus memberikan yang terbaik bagi anak-anak tercinta. Selain dalam model pembelajaran juga dalam menyiapkan media pembelajaran.

Terima kasih guru-guru hebat, teruslah berkarya memberikan yang terbaik untuk anak didik kita, karena murid yang hebat lahir dari guru yang hebat!

Keep creating: the world yearns to celebrate your next masterpiece.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (required)