SD Tunas Unggul is in The IB World School
Oleh: Feridarnalis, S.Sos.
Memasuki abad 21, kemajuan informasi teknologi berkem-bang dengan begitu cepat di dalam berbagai sendi kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Sejumlah peluang dan tantangan harus siap dihadapi oleh seluruh civitas sekolah, agar dapat bertahan dalam abad pengetahuan di era informasi ini. SD Tunas Unggul melihat transformasi pendi-dikan abad 21 sebagai hal serius untuk dapat mewujud-kan pendidikan cerdas melalui peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan. Hal ini dapat terwujud dengan peningkatan keterampilan belajar dan inovasi belajar yang sesuai dengan kebutuhan zaman, keterampilan IT dan media informasi yang harus memadai, serta bagaimana mempersiapkan siswa dengan kecakapan karir dan kecaka-pan hidup yang dibutuhkan kelak. Tentunya ini menjadi pemikiran, tanggung jawab, serta harapan bersama yang harus kita persiapkan sehingga siswa Tunas Unggul dapat bersaing secara global.
Dalam rangka mewujud-kan hal tersebut, di awal tahun 2021, SD Tunas Unggul memutuskan untuk mendaftar-kan diri sebagai sekolah kandidat IB World School. IB (International Baccalaureate) merupakan lembaga pendi-dikan Internasional yang berpusat di Swiss, Jenewa. Tujuan program IB adalah untuk mengembangkan manu-sia berwawasan internasional yang membantu menciptakan sebuah dunia yang lebih baik dan lebih damai. Tujuan IB sejalan dengan apa yang menjadi visi Tunas Unggul sejak berdiri, yakni “Menjadi sekolah unggul yang berkarak-ter, berakhlak mulia, cerdas, terampil, serta berwawasan global”. Hal ini menjadikan SD Tunas Unggul optimis akan tumbuh menjadi bagian IB School dengan tetap mengede-pankan nilai-nilai Islami.
Salah satu program di dalam IB World School adalah PYP (Primary Years Program). PYP adalah program yang dirancang untuk mengede-pankan aktivitas pembelajaran dan pengajaran yang berfokus pada perkembangan anak secara keseluruhan dan merupakan suatu konsep menyeluruh tentang cara mengembangkan wawasan internasional.
Di dalam PYP, sekolah akan mengedepankan pendi-dikan manusia secara menye-luruh dengan penekanan pada pertumbuhan intelektual, emo-sional, sosial dan fisik, yang melibatkan seluruh pembela-jaran. Menariknya dalam merancang PYP, IB menekan-kan pada 5 elemen pokok yang tidak dapat dihilangkan salah satunya. Kelima elemen tersebut (5 essential elements in PYP) adalah konsep (concepts), keterampilan (skills), pengetahuan (knowledge), sikap (attitudes) dan aksi (action). Kelima konsep ini akan dirancang menjadi pembelajaran yang menarik bagi siswa.
Dengan pendekatan inkuiri dalam PYP, siswa akan terlibat aktif di dalam pembelajaran. Siswa akan berkembang dalam cara dan kecepatan yang unik sesuai dengan kemampuan mereka. Inkuiri yang dilakukan di SD Tunas Unggul akan sangat beragam, diantaranya adalah dengan belajar bereksplorasi, memunculkan rasa ingin tahu,
menumbuhkan keterampilan bertanya, melakukan eksperi-men, membuat hubungan antara pembelajaran saat ini dan sebelumnya, mengumpul-kan data dan melaporkan temuan-temuan, menjelaskan ide dan sebagainya. Dengan inkuiri, siswa akan dilibatkan aktif mengeksplorasi lingku-ngan sehingga memahami bagaimana perkembangan dunia. Refleksi yang muncul sesudahnya akan memiliki kaitan antara pengalaman yang ditemui dan informasi yang dikumpulkan. Inkuiri akan melibatkan pengetahuan, baik melalui permainan maupun melalui pembelajaran yang lebih terstruktur secara formal. Dengan inkuiri, tuntutan pembelajaran era baru abad 21 akan lebih terjawab.
Semangat membersamai program sekolah civitas akademica SD Tunas Unggul!!
Tentunya keberhasilan IB Programme ini membutuhkan kerjasama dan kolaborasi yang erat antara semua pihak. Teruslah menjadi lifelong learner! Mari selalu siap untuk belajar dengan segala perubahan-perubahan yang ada ke arah yang lebih baik.
Leave a Reply